KUMPULAN SAJAK SAJAK CINTA KOESMAWAN

Ternyata ada 7 (tujuh) Sajak Cinta Koesmawan, inilah daftarnya:

1.    Cinta Buat Mamah; Ibu Hajjah P. Subandi, Lagu Mama, Heintje-Jerman.

2.    Tertolak Cinta oleh : Meity., lagu Christopel; “ALINE” Prancis

3.    Tertoila Cinta oleh : Yayu., Lagu Historia Den Amora, Julio Iglesias.

4.    Tertolak Cinta oleh : Yenny., Lagu Andy William, “Impossible Dream”

5.    Tertolak Cinta oleh : Erna., Lagu “Love Story’ Andy William

6.    Tertolak Cinta oleh : Lina., lagu “You don’t have to say you love me” Elvis.

7.    Cinta Sukses dari : Ellya marliana.”Kokorono Tomo” Miyushi Jepang

(1)  IBUKU TERSAYANG: MAMAH

Mamah tersayang,
Jangan engkau menangis untuk anakmu ini
Karena,
Pada saat datang kepedihan hidup,
Kita telah bersatu padu menghadapainya,
Tak akan pernah kulupakan Mah,
Semua pemberianmu; lahir dan batin.
Walau engkau harus menderita, sebagai istri tentara.
Aku Yakin, Oh Tuhan,
Sesungguhnya ada satu dan hanya satu,
yang mencintaiku, sepenuh hati tiada bandingannya.
Dialah Mamahku yang selalu mencintaiku,,

Mamah.
Dalam kehidupanku yang penuh suka dan duka
Maka doamu yang tulus disertai tetesan air mata, sangat kurasakan Mah.

Kini, Masa kanak kanakku telah berlalu Mamah.
Saat balap makan krupuk anak-anak tentara di Jaarbuz, aku kalah.
Mamah datang merebut, dan menyerahkan krupuk kepadaku, Aku menang.
Ibu ibu lain, tertawa. Mamah puas dan bahagia.

Saat aku disakiti seorang wanita bernama Yayu,
Mamah menyeka air mata dipipiku, dan menghiburku penuh rasa iba,
Hingga aku tegak kembali menantang kehidupan yang nyata

Aku kini dewasa dan akhirnya tua, lalu punya anak cucu
Impian mudaku bersama doamu menjadi nyata, ia bersatu.
Hanya impian bersama Yayu itu Mah, telah menjadi debu,

Bila tiba saat kehidupan yang baru bagiku,
Aku tak ingin lagi melihat air mata menetes di pipimu,
disaat aku harus meninggalkanmu. Kumohon keikhlasahn mu, .
Tuk membangun kehidupan bersama anak cucuku.

Bahagikanlah Ibu ku ya Tuhan
Didunia kita berpisah.Diakherat kita kan bersatu kembali,
Mamah, Mamah oh mamah,

(Baca Sajak ini Sambil dengar Lagu MAMA- Heintje – Jerman)

 

(2).Tertolak Cinta Oleh :  MEITY

Dari pada melamun dimalam minggu 13 Oktober 2012 I ni dan saat sudah mengantuk muncul ide membuat “sajak dimalam minggu”. Kali ini saya ingat pernah mencintai seorang gadis bertahi lalat dipipi, namanya “Meity”.SMAN-3 Bdg 1969.  Karena lupa nama lengkapnya tapi saya ingat alamatnya Jln Van Deventer No 9”, ayahnya seorang Kolonel TNI.. Saya sedih, Meity sakit dan meninggal dunia, saya tulis sajak untuknya, sebagai kenang-kenanagan:

MEITY KECIL VAN DEVENTER

Kugambar wajah cantikmu pada pasir

Kurasakan kehangatan senyummu padaku dulu

Saat hujan turun dipantai Pangandaran

Wajahmu pudar disapu ombak dan hujan

Aku memohon, Meity, kembalilah

Aku sangat sedih bila teringat kehidupanmu itu

Walau jauh, Aku seolah dekat bersama sukmanya

Saat kudengar gadis cantik itu pergi selamanya

Aku menerawang dan  tak percaya semua ini terjadi

Tanpa ada harapan yang membimbingku memahami yang terjadi

Aku meminta , Meity, kembalilah

Aku menangis pilu mengingat nasibmu.yang dimasa lalu

Aku masih menyimpan gambarmu dengan tahilalat yang manis

Bayangan  tahilalat itu, Seperti reruntuhan bangunan  diatas pasir.

Aku meminta, Meity, kembalilah

Aku menangis dalam kepiluan yang mendalam dalam sajak ini.

(Bacalah sajak ini, sambil mendengar Lagu Aline oleh Christhope)

(3)KENANGAN INDAH BERSAMA : YAYU SITI RAHAYU

TERJEMAHAN LAGU HISTORIA DEN AMOR: Kemarin Sabtu, 29 September 2012, ada Reuni SMAN-3 bandung, Mang Engkoes tampil menyanyikan Lagu : Historia Den Amor. Ditujukan khusus kepada seseorang yang duduk dimeja depan. Dia senyum senyum aja mendengar saya menyanyi untuknya dengan penuh perasaan, Nah pas salaman dengan alumni, ada yang nyeletuk : Eta si Koesmawan nyanyi lagu Spanyol, “nyaho heunteu artina??”. Saya jawab, alaaaah buka saja Google. Nih saya tuliskan artinya kawan:

KISAH TETRTOLAK CINTA , CINTA YAYU
Yayu, engkau kini tak lagi dalam genggamaku, apalagi dikedalam hatiku,
Hanya kehampaan saja yang melanda jiwaku
Saat ku tak  mungkin lagi memandang wajahmu;
Kubertanya, mengapa Tuhan membuat aku mencintaimu sedalam ini
Kalaulah hanya akan berahir dalam kepedihan dan kesengsaraan’

Engkau adalah menjadi alasan, agar aku tetap eksis (di kampus dulu)
Mencintaimu, sungguh bagaikan ritual dalam hidupku
Di dalam kehangatan bersamamu dulu (belajar malam minggu)
Saat keberanian datang, kukatakan Yayu, aku sangat mencintaimu,
Betapa masin, kurasakan keindahan dalam hidupku,

Inilah kisah cintaku padamu , Yayu
Seperti ada sesuatu hal yang berbeda dalam jiwaku
Hingga menambah pemahamanku
Akan makna kerinduan dan kebencian, yang baik dan yang buruk.

Cintaku padamu, ibarat seberkas cahaya menerangi hatiku,
Namun sayang ahirnya sirna (saat kau tolak cintaku)
Bagai malam saat menjelang kelam
Tanpa cintamu, sebenarnya untuk apa hidup ini Yayu,

Mang haji engkoes
Dari Banyubiru-pasirpogor-ciwastra-Kota bandung.

HISTORIA DEN AMOR

(4) SAJAK MANG ENGKOES MALEM MINGGU: IMPIAN YANG TAK BAKAL MENJADI NYATA; oh YENNY

Pada hari Jumat 2 November 2012, mang engkoes diundang makan gratis di Restoran Wanabi di Jalan Ahmad Dahlan Jaksel, tampil menyanyikan “Historia Den Amor”. Itu buat seseoran g di Teknik Sipil ITB 1971Selesai nyanyi, Neng Nia Pontoh (PL-71), mendekati, “Nyanyian Buat Yenny mana ?. Sudah saya siapkan, Inilah sajak buat Yenny.

UNTUK YENNY “ SEBUAH MIMPI YANG TAK KAN MENJADI NYATA

Didekatmu, aku merenung, tentang mimpi yg mustahil

Bisakah  mendapatkanmu ,sementara aku tak memiliki apa apa dimatamu
Ku hanya bisa menanggung,beban tanpa daya dalam kepedihan,

Seolah aku harus lari saja menjauh darimu  tanpa keberanian apa apa

Mencintaimu Yenny, memang hak diriku, Walau mungkin salah

(guru prifat mencintai muridnya, harusnya kan mengajar ya)
Mungkin lebih baik kujauh darimu, walau aku tak ingin begini.
Akan kucoba meraihmu, disaat kau lelah dan tak menyadarinya
Yenny, engkau bagai bintang yang tak mungkin kugapai

Aku bertanya sambil mengikuti bintang dilangit setahap demi setahap
walau ku yakin, sebenarnya, tiada harapan mendapatkanmu,
Betapa jauh hatimu dariku, kulihat dari pandanganmu dan bahasa tubuhmu
Namun diriku terus berjuang mendapatkan hakku mencintaimu
Tak perlu bertanya apalagi berhenti dalam berjuang untukmu
walau akhirnya, aku seperti terbanting ke neraka,

Demi mengejar surga yang menjadi lambang aku mencintaimu

Kini kusadari Yenny.Sementara aku mengejar kebenaran cintamu

Beredar pada  temanku di masjid Salman,sebuah tanda tanya besar
Mereka merayu aku, agar tenang dan damailah dihatiku.

Hingga aku istirahat sejenak, merenungkan makna semua ini

Seyogyanya duniaku ini ;pasti lebih indah tanpa ini semua
yang justru telah membuat diriku, terhina dan penuh luka
Namun aku akan berjuang terus, dengan segenap keberanianku yang tersisa
Padahal kusadari bahwa, Yenny,hanyalah  bintang hayalanku yang tak mungkin kuraih

Lagu The Impossible Dream

Mang haji engkoes

Ciputat tangerang selatan-banten

(5). ERNA JULIA

Sebagai seorang Guru Besar, saya wajib membuat Buku Ajar. Tapi heran “ilham” untuk membuat  buku-buku pelajaran susah datangnya yah. Walau sudah ada janji menambah bahan pada Buku Dr Sobarsah, “Manajemen Produksi”,. Lucunya. Ilham membuat sajak-sajak ketika cinta tertolak ada saja. Dibawah ini, kisah ketika jadi mahasiswa ITB, lalu mencintai murid bimbingan di karapitan. Namanya E.J saja, soalnya ada di Facebook ,malu.

Saya ingat kata-kata terahirnya,”cukup sampai disini ya Kang Koes” , abis itu berpisah deh n ggak pernah ketemu lagi he he he he he he he he.

SAJAK KISAH CINTA INDAH  DI KARAPITAN BANDUNG

Dari mana saya memulai  cerita ini
tentang sebuah kisah cinta yang tak terbalaskan
kisah yang  begitu indah sepanjang jalan karapitan bandung
Awalnya biasa saja begitu simple, dia minta saya ngajar
lama-lama cinta bersemi, dari mana saya akan memulainya

Mungkinkah  ditunggu  E.J menyapa saya duluan
hari demi hari kehadirannya memberi makna dalam saya
kalaulah saya jadi dengan dia, saya tak akan lagi mencari cinta yang lain
Dia benar benar mengisi relung hati saya semakin dalam dan indah

Saya berharap dia akan menjadikan saya sebagai teman khusus
hingga hati saya seolah bertaburan bunga, penuh hayalan liar

E.J benar benar mengisi jiwa, hingga saya begitu mencintainya
kalau cinta ini berbalas, kemanapun saya pergi, akan bersamanya

Bila E.J disamping saya, dunia milik kami berdua

Dan bila tangan ingin memeluk E.J dia akan selalu ada
Berapa lama lagikah saya dapat datang setiap malam minggu,

Membawa buku kimia, fisika dan matematika

Mungkinkah cinta itu terukur seiring berjalannya waktu
Saya  tak bisa bicara apa-apa, sebab jawabnya ada padanya.
Saya tetap membutuhkannya hingga ahir masa
Dimana saya membutuhkannya. Semoga dia tetap ada disana.

(bacalah sajak ini sambil dengar lagu  Love Story Andy William).

(6.). SAJAK MANG ENGKOES MINGGU MALAM, “ JANGAN KAU BERKATA CINTA, WALAU KITA BERPELUKAN”.

Alhamdulillah, malam Senin ini, tuntas sudah sajak mang engkoes, yang dilhami oleh; Lima wanita yang menolak (Meity, Yayu, Yenny, Erna dan  Lyna), ditambah satu menerima (Ellya Marliana) yang akhirnya jadi istri tercinta. . Jadi ada Enam Sajak yang semua berawal dari lagu yang mengiringi “chemistry”. Saat-saat itu. Untung Lyna Nurlina , nggak ada di facebook, jadi open aja he he nhe he he.

Satu-satunya judul yang Jelas ialah, untuk Lyna. Memang, paling pahit dengan Lyna ini, Lyna bagi saya adalah lambang misteriusnya seorang  wanita, walau sudah lama dekat,  sudah berpelukan dengan indahnya, ee ternyata. “menolak juga “ he he he he he he, bener-bener “Woman is something mistery”. Bagi mang engkoes tentunya. Monggo.

SAJAK UNTUK LYNA NURLINA

Saat ku katakan bpadamu,  aku senang dan memerlukan dirimu
Kamu berkata, akan selalu menemaniku,  aku menikmati semua itu
Namun kenapa tiba tba segalanya berubah, engkau telah berubah Lyna
Hingga sulit lagi untuk kutemui, seakan engkau lenyap  ditelan bumi.

apakah saat itu,  engkau pergi jauh dariku dan menghindari diriku
Aku hanya bisa termangu, mengingat masa lalu  hubungan kita selama ini
Haruskah  aku mengikuti atau mencari kemana engkau pergi
Mungkinkah  aku meminta  minta dirimu agar seperti dulu lagi, kembalilah Lyna.

Sesuatu yang indah bagiku,

Saat memeluk dirimu dalam berdansa di Hotel Homan Bandung,

Namun mengapa , getaran kalbumu yang kurasakan,  seolah-olah Lyna  berkata:

“Koesmawan,  jangan kau berkata bahwa Lyna mencintaimu,”

“Walau kita selalu dekat bahkan berpelukan dimalam itu,”

“Aku tak berharap bahwa hubungan ini akan terjadi selamanya”

“Percayalah hubungan Koesmawan-Lyna,  telah berahir sampai disini”

“Kumohon  kau mengerti  Koesmawan, selama lamanya”

“percayalah Koesmawan,  percayalah padaku,, semua yang kukatakan ini benar,

Aku tak mungkin menolongmu dengan mencintaimu”

Aku mengerti Lyna, aku tak bisa berbuat apa apa

Karena cinta dan mencintai adakah hak semua umat manusia yang penuh misteri

Aku percaya, bahwa cintamu telah tercurah kelain  hati,

Percayaah Lyna, aku tak mungkin mengekangmu selamanya

Aku tinggal sendiri, menyusuri Jalan Lengkong yang penuh memorri
Hidup ku ini – saat kau tolak cintaku,- seolah  berakhir, dan tak ada lagi kehiduan  bagiku, aku tak tahu akhit masa depanku Lyna,
Yang tertinggal hanyalah kesendirian yang penuh kesepian hidup tanpa cinta.,

Karena  Lyna, sudah tiada, apalagi yang harus kurasa dalam sukma.

(Bacalah Sajak ini sambil dengar lagu Elvis; You don’t have to say you love me)

Mang haji engkoes

Banyubirru Pasirpogor Buahbatu kota bandung

(7) ELLYA MARLIANA; Istriku Tersayang

Malem minggu ditempat kosan sendiri, daripada melamun:
Sajak untuk istriku Neng Ellly di bandung, Teman Hati-ku

TEMAN HATIKU
Kala itu aku  mampu lepaskan kepedihan dari hatimu dari kekasihmu dulu
Semangatku pun bergelora menapaki jalan hidup ini bersamamu
Sebelum bersua denganmu,  hidup serasa sepi penuh kepedihan

aku berkelana mencari cinta (Meity,Yayu, Erna, Yenny dan Lyna)
Biar kurasakan hangatnya jemarimu, saat kita mulai bersama

Cinta senantiasa meninabobokkan, melupakan segalanya
Tatkala lelah dalam perjalanan, mencari cintaku

Ingatlah diriku sebagai teman hatimu, aku berlabuh dihatimu.
Bahkan hati yang saling percaya terlupa entah di mana kita memulainya

Mengapa orang-orang mengejar kebahagiaan yang telah berlalu,

Itu tak mungkin ku temukan  lagi,
Pejamkan matamu perlahan dan singkapkan jendela hatimu
Raih tanganku dan usap air matamu, raih kebahagiaan bersamaku

Walau semua itu perlu waktu,

Cinta senantiasa meninabobokkan, membuat ku terlena,
Tatkala lelah dalam perjalanan menggapai masa depan,
Ingatlah diriku sebagai teman hati, bersamamu membangun masa depan

(Baca sajak ini sambil dengar lagu:Kokorono Tomo-Mayumi Itsuwa)

2 Responses to KUMPULAN SAJAK SAJAK CINTA KOESMAWAN

  1. ani says:

    Hihi…meuni jentre eta soal mantan….wkwkwk

  2. iYA BENAR TEH, SEMOGA MEREKA HIDUP BAHAGIA BERSAMA SUAMI SUAMI MEREKA YA HE HE HE HE HE HE. JANGAN LUPA DONG BKA LAGUNYA DENGAN KLIK SAJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: